Inovasi dan kolaborasi menjadi kunci utama dalam Students Service Learning (SSL), program Kolaborasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) antara mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam kehidupan masyarakat, program ini tidak hanya menawarkan pembelajaran, tetapi juga menjadi wujud nyata kepedulian terhadap permasalahan di desa.

Melalui program SSL UM-UTM, mahasiswa memiliki peluang unik untuk menerapkan ilmu dan keterampilan yang mereka pelajari di kampus. Implementasinya terstruktur melalui program kerja mahasiswa yang bertujuan memberikan solusi nyata terhadap permasalahan di Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Prinsip pengembangan program ini mencakup aspek interdisiplin, komprehensif, keterpaduan antara pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kolaboratif. Fokusnya tidak hanya pada pembelajaran di dalam kelas, tetapi juga penerapan ilmu di lapangan untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Jadwal program SSL berlangsung mulai tanggal 2 hingga 6 Juni 2023, di Desa Pagelaran. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 07.00 hingga 20.00 WIB, dengan fokus pada pelatihan pemasaran menggunakan media digital, photo hunt, pelatihan media digital, sosialisasi, dan praktek pembuatan gerabah serta gamelan.

Sasaran utama program ini adalah Desa Pagelaran, sebagai desa binaan UM. Melalui aktivitas seperti sosialisasi dan praktek pembuatan gerabah, serta gamelan, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari kehadiran mahasiswa. Tak hanya itu, program ini juga diarahkan untuk meningkatkan branding UM dan Desa Pagelaran, serta memperluas ekspose internasional bagi mahasiswa.

Dengan langkah-langkah konkret dalam SSL, mahasiswa UM dan UTM membuktikan bahwa kolaborasi lintas universitas dapat menjadi katalisator perubahan positif. Program ini tidak hanya mengubah kehidupan masyarakat di Desa Pagelaran, tetapi juga membantu mahasiswa melihat dunia dengan perspektif yang lebih luas dan inklusif.