Desa Petung Sewu, 5 April 2023 – Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang beranggotakan Muhammad Argio Firdaus, Anita Aurora Tjokro, Cristina Asyari Rukmana, Mokhammad Geger Pangestu, Redy Apriyanto, Yogi Indra Pratama, Alfan Alvian, Enggita Arya Kusuma, Nindya Nur Fathia, dan Safiya Inayah Dewanto Putri dengan Dosen Pendamping Lapangan Rama Kurniawan , S.Pd, M.Pd telah berhasil menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2023 di Desa Petung Sewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama kurang lebih 45 hari, dimulai pada tanggal 20 Februari hingga 5 April 2023.

Melalui KKN, mahasiswa aktif terlibat dalam program-program kerja yang bertujuan untuk membantu pengembangan potensi sumber daya manusia di Desa Petung Sewu. Dalam pelaksanaannya, kegiatan KKN mencakup empat program kerja utama dan empat program kerja pendukung.

Program kerja utama melibatkan kegiatan seperti sosialisasi pengaruh negatif gadget pada anak usia dini, pelatihan kreativitas, pembuatan papan nama ruangan SD, dan sosialisasi pentingnya pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosi anak. Sementara itu, program kerja pendukung mencakup piket kantor desa, bantuan di posyandu, piket membantu mengajar di SD, dan mengajar di TPQ.

Hasil dari metode pelaksanaan KKN ini mencapai keberhasilan dalam meningkatkan kreativitas dan pengetahuan masyarakat Desa Petung Sewu. Program kerja yang telah disusun dan dilaksanakan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi desa dalam berbagai aspek.

Rekomendasi untuk Masyarakat Desa:

  1. Lebih memperhatikan potensi desa dan sumber daya yang tersedia terkait dengan kesejahteraan warga.
  2. Masyarakat desa diharapkan lebih mampu berinovasi dan mau mempelajari hal-hal baru untuk pengembangan Desa Petung Sewu yang lebih baik.

Rekomendasi untuk Mahasiswa KKN:

  1. Lebih aktif dalam membantu dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh desa, tidak hanya pada program kerja yang telah direncanakan saja.
  2. Lebih aktif dalam menjaga koordinasi komunikasi antara perangkat desa serta masyarakat desa untuk menjalin komunikasi serta hubungan yang baik.
  3. Mengeksplor lebih lanjut terkait inovasi serta masalah-masalah yang ada dalam desa untuk lebih memberikan bantuan dalam pengembangan Desa Petung Sewu.

KKN Reguler tahun 2023 di Desa Petung Sewu berhasil dilaksanakan dengan baik, meskipun tetap terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki kedepannya. Semua pihak diharapkan dapat terus berkolaborasi untuk menciptakan perubahan positif di Desa Petung Sewu.