Sambutan Ketua LP2M UM Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si

Malang. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan kegiatan akademik wajib bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kali ini menjadi menarik mengingat dilaksanakan dalam kondisi pandemi virus covid-19. Dan inilah baru pertama kali kegiatan pengabdian mahasiswa dikelola dan dilaksanakan melalui model dalam jaringan (daring) atau online.

Dalam buku panduan KKN edisi Covid-19 yang diterbitkan Pusat Sumberdaya Wilayah dan KKN LP2M, dijelaskan mulai proses pendaftaran, pengelopokan, penempatan, pembekalan mahasiswa serta ragam model pengabdian, monitoring harian yang kesemuanya menggunakan model daring. Ketua LP2M Prof. Markus Diantoro, M.Si,  dalam pengarahan umum saat pembukaan pembekalan melalui daring Sabtu (16/5) menegaskan tentang pentingnya tetap melakukan kegiatan akademik KKN ini pada era pandemic covid-19, tema KKN kali ini adalah dari rumah mahasiswa membuat karya pengabdian, mahasiswa tidak perlu tinggal di desa lokasi penempatan tetapi tetap berkarya berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, menjaga kesehatan itu penting tetapi tetap melakukan perkuliahan juga tidak boleh ditinggalkan, demikian kata guru besar Fakultas MIPA pada akhir pengarahanya.

Penyampaian Materi Dr. Agung Winarno, M.M

Sementara itu Kepala Pusat Sumberdaya Wilayah dan KKN (PSWKKN) Dr Agung Winarno, MM menginformasikan bahwa KKN kali ini terdapat 3 (tiga) ragam, yakni KKN Pulang Kampung yaitu mahasiswa mengabdi di kampung halaman masing-masing, KKN Malang raya dan KKN tematik Program Studi. Jumlah mahasiswa yang mengikuti sebanyak 4.341  mahasiswa dari berbagai program studi, dan melibatkan Pendamping sebanyak 165  Dosen, dari jumlah tersebut mahasiwa ditempatkan di 239 desa pada 20 kabupaten di wilayah Propinsi Jawa Timur.

Penjelasan Yuli Agustina, S.E, M.M Tim Pengembang KKN UM

Lebih jauh dijelaskan kepala PSWKKN bahwa dalam KKN kali ini mahasiswa juga diminta untuk membantu pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 melalu pembuatan video dan buku-buku pentunjuk tentang bagaimana masyarakat desa  ikut berperan aktif mengatasi pandemi kali ini, selain itu layanan-layanan menjadi relawan di desa juga dapat dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pewarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM)

Editor: Riki Pratama – Internship Humas UM

Source : https://um.ac.id/berita/kkn-covid-19-dari-rumah-4-400-mahasiswa-um-ciptakan-karya-pengabdian/